GO GREEN-2 : Tempat sampah di-ibukota makin mahal

2 Mar 2012

Coba anda lihat sekeliling ruangan anda sekarang ini, dan ingat2 di rumah , dikantor, disepanjang jalan dari rumah ke kantor anda, dan setujukah bila banyak tempat sampah yg rusak , hilang, tidak layak, atau pun nihil keberadaannya. Tempat sampah wajib ada di depan pintu2 kantor, skitar taman,toilet, halte, komplek perumahan, lapangan2, tempat2 jajan, dll. Kalo anda tidak setuju tidak perlu melanjutkan membaca blog ini …. tapi jaga kebersihan yaaa.

imagescarxupts2Bila lingkungan bersih pasti membuat kita nyaman, itu faham kuno yg lebih banyak hanya diketahui saja, bukan dilakukan atau dikerjakan. Syulkur2 di tempat anda tinggal dan bekerja bisa menjadi budaya.

Saya belum pernah denger tapi bisa menjadi ide bagus untuk mencantumkan/ mendisplay penanggung jawab kebersihan di setiap area di jakarta. Seperti di fast food ada display foto manager in charge, dan staff of the month.

Bila kita niat negeri inibersih, pasti perlu usaha2 lebih serius lagi menanganinya kan? Setiap periode ada satu forumdiskusi atau evaluasi dan sumbang saran agar kebersihan bisa di jaga. Kalo perlu media2 juga ikut bantu monitor area mana saja yg masih belum tertib menjaga kebersihannya.Yang jelas, dinas kebersihan jakarta masih kurang rajin menanganisampah2 di jakarta. Armadaangkutnya aja kurang dan banyak yg rusak jelek banget apalagi disuruh mikirin tempat2 sampahnya perlu bagus dan bersih.

Beberapa tempat malahan sudah mulai canggih dalam niat menata kebersihannya. Tempat sampahnya ditulis untuk organik dan non-organik. Tapi saya pernah lihat juga sampah2 itu malahan bercampur di satu tempat, padahal sudah jelas2 di tulis dikeranjang sampahnya. Atau jangan2 masihtidak fahamsampah organik dan non organik?

imagescafngcehLebih mudahnya tempat sampah di beri keterangan mudah dan jelas seperti di foto sebelah kiri ini. Agar tidak ada salah masukin sampah: sampah basah, sampah plastik, dan sampah kertas.

Menurut saya ide lain lagi agar tempat2 sampah itu bisa ada di tempat2 yg dibutuhkan dan terletak dgn rapi,dgn caradi buatkan himbauan kepada para perusahaan yg berniat menampilkan kepeduliannya dengan membuat tempat2 sampah yg dituliskan nama PT nya, seperti contoh foto di atas, sebagai usaha2 CSR: Corporate Social Responsibility.

Dan dinas kebersihan juga bisa memberikan dukungan dengan kerjasama melalui media2 setempat untuk memunculkan nya di radio, media cetak , ataupun televisi, tentang kepedulian perusahaan2 yg sudah peran aktif menciptakan usaha menjaga kebersihan.

Tapiiii …. kalo tempat sampahnya tidak dirawat ataupun berantakan, juga mohon dibahas agar ada komunikasi timbal balik dengan tujuan saling koreksi. Syukur2 niat CSR tsb bisa meliputi juga bantuan tenaga untuk pemeliharaan kebersihan di lingkungan tsb.

Ide2 Go Green ini memang saya sengaja tulis berseri ( silahkan membaca tulisan saya sebelumnya : http://mhprihantoro.blogdetik.com/2011/03/13/keep-jakarta-clean-start-yesterday/ ). Pastinya dengan tujuan terus menerus menelurkan ide2 agar tercipta Jakarta yg bersih ….. syukur alhamdulilahada yg menindaklanjuti.

Bersih itu sehat, betul tidak?

 

bacaan lain nih:

Uang muka beli mobil motor naik biar
gk macet?

http://mhprihantoro.blogdetik.com/2012/03/27/dp-beli-motor-mobil-naik-macet-berkurang/


Kelompok susah diatur: angkutan kota

http://mhprihantoro.blogdetik.com/2012/03/15/bis-kota-mikrolet-metromini-ngetem-tiada-akhir-eeeeh-taxi-bajaj-juga/


TAGS kebersihan kota buang sampah jakarta corporate social responsibility jakarta kotor bersih ibukota macet tempat sampah dinas kebersihan truk sampah CSR kepedulian perusahaan peduli sampah budaya masyarakat


-

Author

Follow Me