Bis kota, mikrolet, metromini ngetem tiada akhir … eeeeh taxi & bajaj juga

15 Mar 2012

Biang macet ibukota semua juga tahu di luar kepala , salah satunya akibat dari kendaraan angkutan pada ngetem. Semua orang non Jabodetabek yg pernah ke jakarta pasti setuju.

Marka jalan di Jakarta tergolong lengkap dititik2 yg memang diperlukan, tapi semua itu tidak digubris sama sekali, di oto.detik.com ada forum gambar-foto yg ditampilkan ttg hal2 yg kurang layak tapi tetap dilakukan orang2 sekitar, silahkan upload foto2 menjengkelkan anda untuk turut berpartisipasi menyadarkan warga ibukota.

71fe341f4e7c8fa364e954417a6fbc1f_imagesca1spton

Semua ngejar setoran dengan menghalalkan yg haram dan merugikan orang banyak sekalipun. Luar biasa memang niat cari nafkah di Jakarta.Banyak pengaruh lingkungan yg negatif, satu nekad yg lain mengikuti, rame2 nekad berbuat merugikan orang banyak.

Usaha untuk meredam kekisruhan juga sering terlihat dijalan, terutama saat jam brangkat kerja pagi dan pulang kerja sore, yaitu pak Polisi sibuk mengatur lokasi2 jalan yg menghambat, dinas perhubungan juga kadang tampil bekerja sama dengan Polisi. Ini memang yg sebaiknya terjadi : koordinasi keduanya untuk kelancaran jalan di Jakarta.

Tanggung jawab kemacetan itu ada di wewenang atau kewajiban siapa, saya sendiri juga kurang tahu, sebaiknya tugas ini dilimpahkan ke Polres terdekat. Dan Dis-Hub juga wajib mempunyai wakil2nya di area2 dimana Polres itu mengontrolnya, terutama untuk mengawasi para angkutan kota yg melewati daerah2 tsb, bukan hanya memungut pungli saja. Dan semua ini perlu di koordinasikan oleh pemerintah kota sebagai penanggung jawab utama kota DKI. Pemkot juga perlu aktif berkoordinasi dengan kepolisian daerah dan Dinas Perhubungan dalam rangka memperbaiki dan menuntaskan problem2 di jalan raya. Selama ini saya yakin ide ini belum ada ataumalah tidakberjalan sebagaimana semestinya.

f1c813531cfb74c86f67e6401f580bad_imagescap2d3mgBilamana marka2 jalan tidak digubris, ide2 himbauan tertib lalulintas juga perlu diusahakan. Dan memunculkan Polisi2 cantik seperti di Televisi juga perlu diturunkan ke jalan terutama di jam2 sibuk, untukmengatur , menegur maupun menilang sekalian. Dan Dinas perhubungan juga perlu mencontoh ide Polisi cantik ini juga biar efektif. Masak sih masih tidak tahu malu ditegur wanita2 cantik, wajah pasti berubah senyum malu bukannya cemberut marah2 lagi seperti biasanya.

Selama ini terlihat Polisi hanya melancarkan arus macet pagi dan sore, dan hanya menindak tilang di saat2 setelah jam sibuk itu. Sebaiknya kadang diadakan juga tilang disaat jam2 sibuk sebagai shock therapy para pengendara kendaraan motor dan mobil.

Untuk kendaran angkutan umum mungkin ide baiknya : melarang sopir kerja melewati jam macet pagi dan sore, sebaiknya ada 2 sopir berbeda ditiap harinya. Seragam sopir pagi dan sore wajib dibedakan dengan tanda pengenal terjahit dibajunya. Dan semua tilang kendaraan angkutan umum akan dicatat selain sim juga stnknya. Bila banyak / sering tertilang disaat perpanjangan stnk biaya tambahan yg jumlahnya lumayan besar perlu di bebankan agar pemilik juga tahu tingkah laku sopir2nya. Dengan metode ini pemilik angkutan bisa lebih memerhatikan bisnis transportnya lebih baik, tidak hanya nagih setoran saja.

Apapun kendaraan angkutan umumnya, di Jakarta hanya Trans-Jakarta yg tidak ngetem, ada bis kota, metro mini, kopaja, mikrolet, bajaj termasuk taxi dan tukang ojek suka ngetem nunggu penumpang di area2 yg bikin puyeng kendaraan lainnya, karena Trans-Jakarta menggaji sopir2nya dan uang tidak diterima oleh sopir kondektur. Metode ini bisa dibuat sebagai pelajaran bagus juga untuk mengelola angkutan kota lainnya.

Apakah Calon DKI-1 di pemilukada yg sudah dekat ini, juga memikirkan masalah ini, jangan2 hanya sampai bagaimana berkoalisi saja?

silahkan baca yg ini juga yaaa:

Ayo hemat bbm … harganya akan naik
terus

http://mhprihantoro.blogdetik.com/2012/04/10/himbauan-penghematan-ditengah-isu-bbm-naik/

Uang muka beli mobil motor naik biar
gk macet?

http://mhprihantoro.blogdetik.com/2012/03/27/dp-beli-motor-mobil-naik-macet-berkurang/


TAGS macet jakarta trans jakarta kendaraan ngetem nunggu penumpang bikin macet total sopir bis sopir taxi sopir mikrolet sopir metromini sopir bajaj tukang ojek dinas perhubungan polres polsek pemkot pemerintah kota jakarta


-

Author

Follow Me