Himbauan penghematan ditengah isu BBM naik

10 Apr 2012

Nyaris harga BBM naik, tapi itu ternyata hanya sementara. Kalau di luar sana yg sangat mempengaruhi harga minyak dunia pastinya pecah perang israel dan iran, tapi semoga tidak terjadi, walau ada yg bicara musuh yg paling bisa bikin israel lumpuh yaaa …. cuma iran, bukan palestina.

Yg jelas kalo resesi eropa amerika masih berlanjut, konsumsi minyak mereka kan pastinya berkurang, kalau supply minyak berlebih, harga semestinya turun. Dan kalo harga naik Indonesia sebagai penghasil minyak harus nya seneng karena devisa naik, untung negara bisa melangit, ini ceritanya pk Kwik. Tapi mengapa justru sebaliknya? Mungkin isu bahwa harga BBM mesti naik itu pemerintah didikte dari luar negeri itubisabenar, karena tidak ada rumusnya bbm harus naik. Tapi biarlah itu sudah ada yg memproses, semoga pihak berwenang berlaku adil, tidak mementingkan kelompoknya maupun pribadi.

Sekarang ada juga isu penghematan yg dihimbau dalam rangka melawan harga dunia energi yg naik tinggi sekali. Yg jelas semua ide penghematan itu pastinya banyak faedahnya, setidaknya untuk melawan pemborosan dan mubazir.

8340764b21a626eec8cc4e4ea2644d0c_rg3gf4

Ide saya yaitu:

a> Semua stasiun televisi dibatasi siarannyahingga jam12 mlm saja kecuali mlm minggu atau besoknya hari raya, Selama ini semua siaran TV yg hampir 24jam, memancing rumah-2 terus menyalakan listriknya untuk menikmati siaran malam yg ternyata makin disukai karena makin khusus siaran dewasa.

b> Lampu jalan raya dimatikan sebagian setelah jam 10mlm. Khususnya untuk jalan raya / tol yg selalu terang benderang di malam hari hingga pagi hari.Pastinya setelah tengah malam lampu jalan utama sudah tidak sepenting sore harinya, ada baiknya dibatasi lampu yg menyala. Biasanyaada 10lampu ditiap kilometer jalan besar/ raya, dibatasi hanya 5 yg menyala, toh biasanya jalan utama itu sudah dilengkapi marka-2 lainnya yg membantu pengendara di malam hari.9d4d01ff2129fe2e74a7fc6801608548_ghgh

c> Semua angkot pakai bbg smua. Bis kota, mikrolet, mikrobus, taxi, bajajatau kendaran bermotor umum lainnya diganti dengan bahan bakar gas. Ide ini sudah menjadi agenda pemerintah , bahkan pk Sby sudah mengingatkan untuk dipercepat pelaksanaannya di 2012 ini.

d> Cafe-bar dan restoran yg biasa buka hingga larut malam atau malahan hingga pagi, dibatasi jam bukanya setidaknya 2x/ mingguwaktu operasinya hingga jam 12 mlm saja. Setidaknya ada listrik yg akan dikurangi dari banyak resto-bar-cafe-diskotik yg biasanya boros sekali dalam pemakaian listriknya untuk menghibur tamu-2nya.

e>Terakhir adalah khusus untukmini market yg biasanya buka 24jam, 2x/minggu di wajibkan tutup sampe jam 12mlm saja, jadi aktifitas malam bisa mengurangi penggunaanlistrik yg pembangkitnya dari bahan bakar minyak juga.

Ini ide saya, bagaimanadengan anda?


TAGS angkutan kota bbm kendaraan bermotor bbg penghematan bbm hemat listrik mati lampu cafe restoran diskotik bar


-

Author

Follow Me