Sapu bersih pasar ala Jokowi-akok

21 Aug 2013

Saya yakin khususnya warga Jakarta juga monitor aksi2 duet Jokowi-Ahok. Kayaknya kasus yg tanah abang bisa segera selesai, selanjutnya kita juga sudah menantikan pasar mana lagi yg akan dirapikan. Sejak pasar di daerah pasar minggu yg merupakan daerah macet 24 jam sehari, 7 hari seminggu, 4minggu sebulan NON STOP, sudah bisa teratasi sebagian besar kita mungkin ragu bisa merapikan tanah abang, tapi setelah lebaran ini segala macam usaha sudah disiapkan dengan alokasi tempat yg baru hingga katanya ada pasukan tempur segala. Mubazir sih pasti tapi kalo efektif lanjut aja lah asal target bisa tercapai segera.

macet tanah abang

macet tanah abang

Status FB temen ada yg sudah monitor daerah pasar gembrong sekitar pedati-jatinegara juga sudah terlihat para satpol PP memunculkan wujudnya. Wajar bila si temen ini berharap segera beres kemacetan tiap sore disitu. Karena emang bikin naik darah, area jualan yg murah buat belanja mainan anak2 ini yg hadir juga para orang2 bermobil bagus yg parkir memenuhi jalan arteri ini.

Salah satu penyebab memang jalan2 umum disekitar pasar. Semua orang pasti setuju. Niat menindaklanjuti masalah besar jakarta yaitu macet layak kita beri jempol. Pejabat2 sebelumnya pasti juga sudah sadar tentang hal ini tapi paling mentok Cuma diomongan dan janji2 surga doang. Aturan main sekolah negeri juga lumayan mungkin bisa membantu: syarat masuk SMP dengan KK-kartu keluarga yg sama kelurahannya dgn calon peserta, dan SMU dengan KK yg satu kecamatan kalo tidak salah. Ide nya memang simple tapi kalo bisa berjalan pastinya ada imbasnya walau diluar sekolah2 negeri alias sekolah2 swasta masih membebaskan hal ini. Setidaknya para siswa-i yg masuk negeri itu tidak lagi bebas masuk ke sekolah2 jauh yg pastinya pulang pergi dengan kendaraan yg bikin macet saja.

Untuk sekolah swasta mungkin bisa dibuat aturan seperti izin perluasan maupun pembangunan sekolah swasta tidak ada di dalam kota lagi alias harus menepi ke pinggir kota ataupun keluar jakarta. Dan setelah pasar pastinya terminal2 dan sekitar area sekolahan2 yg parkirnya suka double parking/ paralel kadang malah double paralel. Masalah sekolah ini pastinya warga jakarta sangat sering merasakan lancarnya jalan2 ibukota disaat sekolah sudah pada libur semesteran maupun libur kenaikan kelas. Terasa banget tuh lancarnya jalan2 ibukota.

Bis sekolah bisa dievaluasi kembali ke-efektifitasnya. Saya pernah lihat antri bis2 sekolah yg kuning itu ada disekitar kebon nanas lagi antri ambil jatah bbm disalah satu pom bensin disekitar situ. Ternyata bermacam model dan sudah cukup banyak.

Setahu saya sekarang ini banyak sekali mobil2 omprengan yg beroperasi di pagi maupun sore mengangkut para pekerja dari daerah2 pinggir jakarta. Ini menunjukan kurang lengkapnya fasilitas transportasi umum untuk ke jakarta. Bis2 feeder yg sudah mulai muncul & masuk jalur: busway bisa ditingkatkan.

Dan pastinya monorail itu segera dijalankan, rencana rute sudah beredar di internet. Tapi masalah utama selanjutnya yaitu akses transportasi dari perumahan2 ke halte2 kendaraan masal ini.

Mari kita berbagi ide buat ……….. a better jakarta


TAGS pasar jakarta jokowi ahok pasar minggu pasar tanah abang macet jakarta demonstrasi solusi jakarta


-

Author

Follow Me